Kelebihan Dan Kekurangan ChatBot


WhatsApp Business Chatbot - Kemajuan teknologi yang kian hari kian pesat membuat sektor bisnis juga terkena dampak positifnya. Pada dasarnya dengan kemajuan teknologi, maka kinerja bisnis di beberapa sektor bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisian bahkan bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan tenaga manusia.
 
Salah satu contoh kemajuan teknologi adalah Chatbot. Teknologi Chatbot kini makin populer untuk digunakan kedalam bisnis.
Chatbot itu sendiri adalah sebuah aplikasi atau mesin penjawab otomatis yang sudah diberikan kemampuan kecerdasan buatan (AI) untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang. 

WhatsApp Business Chatbot
WhatsApp Business Chatbot

Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) ini memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia normal seperti kamu sedang chatting atau mengobrol dengan orang biasa. Hal ini tentunya memberikan banyak kemudahan serta keuntungan dalam bidang bisnis.
Dengan ditanamkannya teknologi AI atau kecerdasan buatan ini bisa membuat Chatbot dapat memberikan respon atau tanggapan yang sesuai dan diharapkan oleh si pemberi pertanyaan tersebut. Cara kerja dari chatbot ini agar bisa mendapatkan jawaban terbaik adalah dengan melalui keyword atau kata kunci. Dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan yang sudah ditanamkan kepadanya, maka chatbot ini dapat dengan mudah melihat keyword yang diberikan kepadanya dan bisa memberikan respon yang cepat dan sesuai dengan keyword yang ditanyakan tersebut.
Ada beberapa teknologi yang juga ditanamkan AI atau kecerdasan buatan untuk memberikan sebuah informasi kepada orang-orang seperti Machine Learning, Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP). Khusus untuk NLP, NPL ini adalah teknologi yang sangat penting karena dengan adanya NLP ini, chatbot bisa mempunyai kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa yang dipakai ketika ditanya dan memberikan respon atau jawaban sesuai dengan bahasa tersebut.

Jika setiap teknologi memiliki kelebihan serta kekurangan. Lalu apasaja kelebihan serta kekurangan dari teknologi chatbot tersebut.

Kelebihan
Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh chatbot, diantaranya:

  • Lebih cepat dalam merespon pertanyaan dari konsumen
Ketika ada konsumen yang ingin menanyakan sesuatu, maka chatbot ini dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat dan tanpa bertele-tele. Hal ini pastinya akan sangat disenangi konsumen dan dapat meningkatkan nilai pelayanan pada bisnis anda.

  • Stand by 24 Jam
Jika anda masih menggunakan tenaga manusia untuk bidang customer service, pasti kadang ada saja kendala yang didapatkan seiring dengan berjalannya waktu, seperti kendala jam kerja. Tapi tidak dengan chatbot ini. Chatbot dapat menggantikan tenaga manusia untuk bidang customer service dalam melakukan pelayanan karena sifatnya yang tidak mengenal jam seperti manusia. Chat bot ini dapat selalu tersedia 24 jam untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk dengan cepat.

  • Memberikan kemudahan untuk bisnis
Kelebihan ini pastinya juga dirasakan manfaatnya oleh para pebisnis. Mereka jadi tidak perlu lagi memikirkan masalah mengenai tenaga manusia, karena yang namanya pebisnis, tentunya menginginkan kinerja yang terbaik. Dengan adanya teknologi chatbot ini, membuat para pelaku bisnis menjadi sangat tertolong dan dimudahkan untuk melakukan kegiatan bisnis mereka.

Baca juga artikel tengangAlasan Chatbot Kini Banyak Diminati”.


Kekurangan
Disamping kelebihan, tentunya ada pula kekurangannya. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh teknologi chatbot:

  • Menggantikan peran manusia untuk urusan CS
Lapangan kerja yang biasanya memerlukan tenaga manusia kini perlahan-lahan mulai digantikan oleh teknologi robot. Dulu yang biasa diisi oleh manusia, kini diisi oleh robot. Salah satunya adalah pekerjaan customer service, saat ini sudah cukup banyak perusahaan maupun para pebisnis yang menggunakan teknologi robot untuk menggantikan peran dari cutomer service karena bisa lebih menghemat biaya pengeluaran dari bisnis mereka.

  • Keterbatasan dalam menjawab keluhan
Kekurangan chatbot yang berikut ini adalah keterbatasan dalam menjawab keluhan dari para konsumen. Alasannya karena bisa saja pertanyaan yang diajukan oleh konsumen tidak dapat dijawab atau dipenuhi oleh chatbot, sehingga hal itu menimbulkan rasa kurang puas dan malah bisa berdampak buruk pada menurunya tingkat kualitas pelayanan bisnis anda.

Saat ini chatbot sudah sangat banyak sekali digunakan apalagi didala bidang bisnis, karena dapat mengurangi pengeluaran perusahaan ataupun bisnis. Jika disuruh memilih mana yang lebih baik antara chatbot dengan tenaga manusia, hanya anda yang dapat menjawabnya sendiri. Karena hal itu semua tergantung dari apa yang ingin anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...