WhatsApp Business Chatbot - Kemajuan
teknologi yang kian hari kian pesat membuat sektor bisnis juga terkena dampak
positifnya. Pada dasarnya dengan kemajuan teknologi, maka kinerja bisnis di
beberapa sektor bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisian bahkan bisa
dilakukan tanpa perlu menggunakan tenaga manusia.
Salah satu
contoh kemajuan teknologi adalah Chatbot. Teknologi Chatbot kini makin populer
untuk digunakan kedalam bisnis.
Chatbot itu
sendiri adalah sebuah aplikasi atau mesin penjawab otomatis yang sudah
diberikan kemampuan kecerdasan buatan (AI) untuk menjawab setiap pertanyaan
yang diajukan oleh orang-orang.
![]() |
WhatsApp Business Chatbot |
Kecerdasan
buatan atau AI (Artificial Intelligence) ini memiliki kemampuan untuk menirukan
percakapan manusia normal seperti kamu sedang chatting atau mengobrol dengan
orang biasa. Hal ini tentunya memberikan banyak kemudahan serta keuntungan
dalam bidang bisnis.
Dengan
ditanamkannya teknologi AI atau kecerdasan buatan ini bisa membuat Chatbot
dapat memberikan respon atau tanggapan yang sesuai dan diharapkan oleh si
pemberi pertanyaan tersebut. Cara kerja dari chatbot ini agar bisa mendapatkan
jawaban terbaik adalah dengan melalui keyword atau kata kunci. Dengan teknologi
AI atau kecerdasan buatan yang sudah ditanamkan kepadanya, maka chatbot ini
dapat dengan mudah melihat keyword yang diberikan kepadanya dan bisa memberikan
respon yang cepat dan sesuai dengan keyword yang ditanyakan tersebut.
Ada beberapa
teknologi yang juga ditanamkan AI atau kecerdasan buatan untuk memberikan sebuah
informasi kepada orang-orang seperti Machine Learning, Deep Learning
dan Natural Language Processing (NLP). Khusus untuk NLP, NPL ini adalah
teknologi yang sangat penting karena dengan adanya NLP ini, chatbot bisa mempunyai
kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa yang dipakai ketika ditanya dan
memberikan respon atau jawaban sesuai dengan bahasa tersebut.
Jika setiap
teknologi memiliki kelebihan serta kekurangan. Lalu apasaja kelebihan serta kekurangan
dari teknologi chatbot tersebut.
Kelebihan
Ada beberapa
kelebihan yang dimiliki oleh chatbot, diantaranya:
- Lebih cepat dalam merespon pertanyaan dari konsumen
Ketika ada
konsumen yang ingin menanyakan sesuatu, maka chatbot ini dapat menjawab
pertanyaan tersebut dengan cepat dan tanpa bertele-tele. Hal ini pastinya akan
sangat disenangi konsumen dan dapat meningkatkan nilai pelayanan pada bisnis
anda.
- Stand by 24 Jam
Jika anda
masih menggunakan tenaga manusia untuk bidang customer service, pasti
kadang ada saja kendala yang didapatkan seiring dengan berjalannya waktu,
seperti kendala jam kerja. Tapi tidak dengan chatbot ini. Chatbot dapat
menggantikan tenaga manusia untuk bidang customer service dalam melakukan
pelayanan karena sifatnya yang tidak mengenal jam seperti manusia. Chat bot ini
dapat selalu tersedia 24 jam untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk dengan
cepat.
- Memberikan kemudahan untuk bisnis
Kelebihan
ini pastinya juga dirasakan manfaatnya oleh para pebisnis. Mereka jadi tidak
perlu lagi memikirkan masalah mengenai tenaga manusia, karena yang namanya
pebisnis, tentunya menginginkan kinerja yang terbaik. Dengan adanya teknologi
chatbot ini, membuat para pelaku bisnis menjadi sangat tertolong dan dimudahkan
untuk melakukan kegiatan bisnis mereka.
Baca juga artikel tengang “Alasan Chatbot Kini Banyak Diminati”.
Kekurangan
Disamping
kelebihan, tentunya ada pula kekurangannya. Berikut ini adalah kekurangan yang
dimiliki oleh teknologi chatbot:
- Menggantikan peran manusia untuk urusan CS
Lapangan
kerja yang biasanya memerlukan tenaga manusia kini perlahan-lahan mulai
digantikan oleh teknologi robot. Dulu yang biasa diisi oleh manusia, kini diisi
oleh robot. Salah satunya adalah pekerjaan customer service, saat ini
sudah cukup banyak perusahaan maupun para pebisnis yang menggunakan teknologi
robot untuk menggantikan peran dari cutomer service karena bisa lebih
menghemat biaya pengeluaran dari bisnis mereka.
- Keterbatasan dalam menjawab keluhan
Kekurangan
chatbot yang berikut ini adalah keterbatasan dalam menjawab keluhan dari para
konsumen. Alasannya karena bisa saja pertanyaan yang diajukan oleh konsumen
tidak dapat dijawab atau dipenuhi oleh chatbot, sehingga hal itu menimbulkan
rasa kurang puas dan malah bisa berdampak buruk pada menurunya tingkat kualitas
pelayanan bisnis anda.
Saat ini
chatbot sudah sangat banyak sekali digunakan apalagi didala bidang bisnis,
karena dapat mengurangi pengeluaran perusahaan ataupun bisnis. Jika disuruh
memilih mana yang lebih baik antara chatbot dengan tenaga manusia, hanya anda
yang dapat menjawabnya sendiri. Karena hal itu semua tergantung dari apa yang
ingin anda butuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar