Sekadar informasi mengenai apa itu chat bot, chat bot
adalah sebuah program yang dapat ditanam dalam aplikasi messaging dan berinteraksi dengan pengguna seolah
sedang mengobrol dengan manusia padahal yang mengobrol dengan mereka adalah
sebuah robot yang diberikan teknologi kecerdasan buatan. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan
buatan ini secara otomatis dapat menanggapi pertanyaan dan juga keluhan pengguna
dengan sangat baik. Dengan begitu, chat bot bisa meningkatkan customer engagement karena mengutamakan komunikasi
dua arah dan kecepatan dalam berinteraksi dengan pelanggan.
Saat ini, kalian bisa berinteraksi dengan
chatbot melalui berbagai platform messenger, seperti
Facebook Messenger, LINE, BBM, WhatApp, hingga Telegram. Di Indonesia sendiri,
sudah ada beberapa bisnis yang mengadopsi atau mengiplementasikan layanan
virtual ini kedalam bisnis mereka, khususnya untuk pelayanan pelanggan customer
service chat bot.
Jadi, jika anda adalah pebisnis atau
memiliki usaha toko online, tak ada
salahnya bagi anda untuk mengetahui lebih banyak mengenai layanan chatbot ini.
- Sebagai Alat Marketing Terbaru
Layanan chatbot mampu memberikan kepuasan
kepada pelanggan dengan kemampuannya dalam merespons berbagai pertanyaan dari
pengguna dengan cepat. Contoh yang paling menarik adalah layanan chatbot yang
bernama WhatsApp Chat Bot yang bisa digunakan melalui aplikasi chatting WhatApp. Selain dapat selalu online 24 jam setiap hari, WhatsApp Chat Bot
ini juga cukup pintar karena mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh
pelanggan hanya dengan mengetikan keyword saja. Karena mampu memberikan informasi
yang tepat dan cepat, pada akhirnya pelanggan akan merasa puas dan betah ketika
berbelanja atau menggunakan jasa pada perusahaan anda.
- Sebagai Brand Engagement
Saat ini, ada banyak kampanye promosi
yang benar-benar inovatif. Di antaranya, yaitu kampanye chatbot milik Disney
untuk film Zootopia. Disney membuat chatbot dari karakter utama kartun mereka,
yaitu Judy Hopp, yang mengajak para pelanggan untuk bertualang seru dan dialog
yang interaktif melalui Facebook Massager.
Cara yang dilakukan Disney ini ternyata berhasil
membuat penggemarnya seakan masuk ke dalam alur cerita film dengan cara yang
mengasyikkan. Hasilnya, para penggemar bisa menghabiskan waktu rata-rata 10
menit untuk berinteraksi dengan chatbot milik mereka. Disney pun meraih
keuntungan 1 miliar dolar secara global dalam waktu tiga bulan pertama
peluncuran film tersebut.
- Biaya Yang Lebih Murah Dibandingkan Aplikasi
Mengembangkan sebuah chatbot tentu membutuhkan biaya
yang tidak sedikit, namun tidak semahal seperti membangun aplikasi. Saat ini,
sudah banyak perusahaan yang tidak terlalu memfokuskan target mereka untuk
membuat aplikasi. Pembuatan aplikasi membutuhkan biaya yang besar untuk
dikembangkan, terutama jika yang dikembangkan adalah aplikasi berkualitas tinggi
untuk platform Android dan iOS, sementara keuntungan yang didapatkan tidak
terlalu besar.
- Pelanggan Tidak Perlu Lagi Untuk Mengunduh Chat Bot jika ingin menggunakannya
Di negara berkembang seperti di
Indonesia, banyak sekali pengguna smartphone yang
enggan untuk mengunduh banyak aplikasi karena alasan keterbatasan memori pada
smarthphone mereka. Sebaliknya, untuk menggunakan layanan WhatsApp Chat Bot
ini para pelanggan tidak perlu untuk mendownloadnya.
- Menjangkau Pelanggan Yang Lebih Luas
Karena chatbot sebagian besar ditemukan pada
platform media sosial dan aplikasi messanger atau chatting, maka
layanan chatbot ini dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Bukan rahasia lagi
bahwa banyak orang lebih memilih menggunakan aplikasi messanger
dibandingkan menggunakan SMS atau telepon. Facebook’s Director of Platform and
Product Partnerships, mengungkapkan bahwa saat ini Facebook Messenger sudah memiliki
lebih dari 1,2 miliar pengguna aktif aplikasi mereka. Hal ini bisa menjadi
bukti bahwa layanan chatbot bisa menjadi salah satu alat pemasaran yang paling
berguna untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.
- Lebih Menghemat Pengeluaran
Sebagai solusi alternatif, tidak menutup
kemungkinan bila layanan customer service chat bot kelak akan menggantikan
peran customer service di masa depan. Secara umum
chatbot bisa digunakan menangani banyak pelanggan sekaligus dibandingkan dengan
satu karyawan yang hanya dapat menangani satu persatu pelanggan dengan waktu
yang tidak bisa bersamaan. Tentu, dengan menggunakan layanan customer
service chat bot akan memberikan dampak penghematan biaya pengeluaran dalam
jangka panjang.
Bagaimana banyak juga kan, alasan mengapa
layanan chatbot terutama customer service chat bot ini banyak diminati
oleh para pebisnis. Tunggu apa lagi, bagi anda yang berminat untuk menggunakan
layanan customer service chat bot ini untuk bisnis anda, anda bisa
mengunjungi jasa penyedia layanan customer service chat bot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar