Manfaat Chatbot Untuk Pelayanan Pemerintah


WhatApp Business Chatbot - Saat ini untuk mendapatakan suatu informasi publik dari suatu lembaga pemerintah memang tidak lah sulit, mereka membuat berbagai dokumen-dokumen yang dapat kita peroleh dan kita baca untuk mendapatkan informasi yang sedang kita perlukan. Tapi, dengan banyaknya dokumen-dokumen serta banyaknya halaman dalam suatu dokumen, yang harusnya kita mendapatkan informasi yang sedang kita cari tapi malah yang ada kita enggan untuk membacanya karena banyaknya dokumen-dokumen serta halaman pada suatu dokumen.

Chat Bot
Chat Bot 
Lalu pernahkah kalian mendengar teknologi Chatbot? Chatbot adalah salah satu teknologi Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang diciptakan untuk membantu melayani pecakapan antara orang lain dengan program penjawab (mesin) secara otomatis tanpa campur tangan manusia secara langsung. Pada umumnya chatbot bekerja dalam hal melayani percakapan dengan siapapun, chatbot secara otomatis akan mengucapkan salam dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna berdasarkan keyword yang diinput oleh pengguna.
Bagaimana jika layanan chatbot diterapkan pada informasi publik untuk membantu pelayanan pemerintah dalam hal memberikan informasi kepada masyarakat. Dimana nantinya setiap masyarakat yang sedang mencari atau memerlukan suatu informasi dapat langsung bertanya pada sebuah layanan chatbot lalu akan dijawab sesuai dengan data yang dimiliki oleh lembaga pemerintah. Disisi lain, lembaga pemerintah tidak harus selalu online untuk memberikan respon jawaban pada masyarakat, dan interaksi tersebut tentunya akan memberikan penilaian positif dari masyarakat terhadap lembaga pemerintahan yang cepat tanggap dalam merespon pertanyaan dari masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat chatbot untuk layanan pemerintah.

  • Chatbot Digunakan Sebagai Media Pemberitahuan Informasi Terkait Acara ataupun Kegiatan Yang Akan Datang

Dalam memperoleh informasi mengenai kegiatan yang diselengarakan oleh pemerintahan yang bersifat terbuka dan dapat diikuti oleh masyarakat, chatbot dapat memberikan pemberitahuan kepada masyarakat terkait dengan kegiatan yang akan datang. Dibandingkan jika masyarakat harus mengakses situs-situs untuk mendapatkan informasi ini, tentunya akan lebih praktis jika menggunakan teknologi chatbot ini untuk memberikan pemberitahuan kepada masyarakat.

  • Chatbot Bisa Digunakan Sebagai Media Pemandu Wisata Lokal

Berlibur atau berkunjung ke suatu tempat wisata yang baru dan langsung dipandu dengan pemandu yang profesional. Chatbot bisa dirancang sebagai pemandu wisata yang profesional untuk masyarakat yang senang atau sedang pergi berlibur. Pada chatbot ini dibangun percakapan yang berfokus pada wisata lokal mulai dari lokasi tempat wisata berada, rute perjalanan untuk menuju ke lokasi tempat wisata, informasi transportasi dan informasi mengenai tempat wisatanya.
Pada chatbot ini bisa ditambahkan berbagai fitur seperti perencanaan perjalanan, pengingat serta rekomendasi tempat belanja oleh-oleh di tempat wisata tersebut.

  • Chatbot Bisa Digunakan Sebagai Media Informasi Layanan Publik Terkait Pembuatan Dokumen-Dokumen

Anda pasti pernah dipusingkan dengan alur-alur dalam pembuatan suatu dokumen? Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa lembaga pemerintah yang sudah membangun website untuk memudahkan dalam pembuatan dokumen tersebut. Dengan diimplementasikan chatbot pada website-website lembaga pemerintah tersebut, masyarakat tentunya akan sangat terbantu dalam memperoleh informasi panduan-panduan mengenai pembuatan dokumen dengan langsung bertanya pada layanan chatbot. Hal ini tentunya akan sangat mempersingkat waktu dalam pembuatan dokumen tanpa perlu bertanya tanya lagi mengenai alur-alur pembuatan suatu dokumen.

  • Chatbot Sebagai Media Informasi Pelayanan Kesehatan

Chatbot juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk memberikan informasi yang akurat dan terbaru mengenai pelayanan kesehatan yang ada. Seperti skema bantuan medis, informasi mengenai lokasi rumah sakit yang terdekat dan kontak darurat disaat terjadi keadaan darurat yang dialami masyarakat, serta memberikan pelayanan kesehatan mana saja yang disubsidi oleh pemerintah.

  • Chatbot Sebagai Media Informasi Mengenai Peraturan-Peraturan Pemerintah

Chatbot dapat digunakan untuk membantu pemerintah dalam memberikan informasi mengenai peraturan-peraturan yang ada. Dengan mengubah dokumen-dokumen yang ada kedalam bentuk sebuah respon chatbot, yang akan membantu masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai peraturan-peraturan secara cepat tanpa harus membuka satu persatu dokumen peraturan-perturan untuk mendapatkan informasi.

Agar chatbot yang dibangun menghasilkan respon yang baik, data-data dalam pembuatan chatbot pun haruslah data terbaru yang dimiliki oleh lembaga pemerintah, hal ini bertujuan agar tidak adanya kesalahan informasi yang akan diterima oleh masyarakat.

Dengan dibangunnya layanan chatbot yang interaktif dapat membantu memberikan citra baik kepada lembaga pemerintah dimata masyarakat dalam memberikan informasi pelayanan publik yang cepat. Dan tentunya membantu pemerintah untuk mewujudkan SmartCity.

Sekian artikel mengenai “Manfaat Chatbot Untuk Pelayanan Pemerintah”, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan jika anda memerlukan sebuah layanan chatbot untuk keperluan bisnis anda, anda bisa mengunjungi jasa penyedia layanan WhatsApp Chat Bot ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...