Penerapan Chat bot pada Bank


WhatApp Chat Bot - Perkembangan di sektor perbankan kini semakin cepat berkembannya seiring berjalannya revolusi industri 4.0. Saat ini, perbankan sudah mengurangi peran kantor fisik bahkan fungsi manusia.

Agar dapat tetap memenuhi layanan nasabah, bank kini sudah mulai berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Dengan lahirnya teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, banyak bank-bank besar di Indonesia kini sudah mengaplikasikan teknologi AI ini untuk membantu para nasabahnya.


WhatApp Chat Bot
WhatApp Chat Bot


Dengan memafaatkan layanan auto-reply yang dijawab oleh chat bot, nasabah kini akan dilayani dengan cepat bila ingin menanyakan pertanyaan, mencari atau mengajukan kritik atau komplain dengan layanan yang disebut customer service chat bot. AI merupakan teknologi yang dibuat agar dapat belajar dengan sendirinya yang mampu menganalisa perilaku komunikasi para nasabah.

Beberapa bank yang sudah mengaplikasikan teknologi ini, antara lain PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk dan yang terbaru PT Bank Syariah Mandiri.

Nama-nama yang diberikan untuk layanan customer service chat bot untuk bank ini terbilang sangat unik. BRI misalnya, mereka memberikan nama layanan customer service chat bot mereka dengan nama Sabrina. Bank Mandiri memberi nama Mita pada layanan customer service chat bot milik mereka, BCA memberi nama Vira pada layanan customer service chat bot mereka, serta BNI dengan customer service chat bot yang bernama Cinta. Sementara Mandiri Syariah, memberi nama Aisyah pada layanan customer service chat bot milik mereka.

SVP Customer Care Bank Mandiri menyebut, langkah ini merupakan sebagai salah satu bentuk pilihan inovasi digital yang dilakukan oleh bank Mandiri.
Customer service chat bot milik Mandiri bernama Mita (Mandiri Intelligent Asisstant), merupakan buatan dari startup Mandiri Capital Indonesia (MCI). Anggaran yang dikeluarkan untuk pembuatan customer service chat bot ini mencapai Rp 2 miliar. Anggaran itu terbilang sangat kecil dibanding belanja modal IT Bank Mandiri yang lebih dari Rp 1,5 triliun per tahunnya.

SVP Customer Care Bank Mandiri menjelaskan, kelak Mita akan menjadi representasi dari customer service Bank Mandiri. Yang digambarkan sebagai wanita muda yang cerdas, ramah dan sigap melayani nasabah. Saat ini, Mita bahkan sudah bisa memberikan informasi lengkap mengenai produk, layanan, program promosi, lokasi bank dan ATM Mandiri hingga informasi yang bersifat mengedukasi soal perbankan kepada masyarakat.

Saat ini, customer service chat bot ini tengah diajarkan untuk memberikan layanan yang lebih mutakhir kepada nasabah seperti pembukaan rekening bagi calon nasabah, hingga memberi informasi mengenai finansial bagi para nasabah.

Dalam catatan bank Mandiri ini, interaksi nasabah per hari melalui layanan customer service chat bot Mita telah mencapai 4.000-5.000 interaksi lewat platform media sosial seperti LINE, Facebook Messenger, Telegram dan website resmi Bank Mandiri.

Tak kalah canggih dengan Mita, customer service chat bot milik BCA yaitu Vira (Virtual Assistant Chat Banking) juga kini menjadi representasi customer service bank BCA. Direktur bank BCA mengatakan, untuk saat ini Vira akan tetap dikembangkan sebagai asisten untuk para nasabah, dengan memberikan informasi dan layanan untuk memudahkan kebutuhan nasabah.

Namun, ruang pengembangan untuk teknologi AI ini menurut direktur bank BCA masih sangat terbuka besar, lantaran masih banyak hal yang bisa dipelajari dan diaplikasikan kedalam teknologi AI ini. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau dihari hari atau ditahun tahun yang akan datang teknologi AI ini akan semakin maju, dan tidak hanya diterapkan pada industri bisnis maupun perbankan saja, bisa saja diterapkan pada bidang pertahanan maupun keamanan.

Kurang lebih itulah beberapa penerapan chatbot pada bank-bank besar yang ada di Indonesia. Kiranya artikel ini dapat bermanfaat dan menambah manfaat untuk kita semua. Jika Anda berminat menggunakan layanan customer service chat bot seperti pada bank-bank yang ada di atas, anda bisa mengunjungi website yang menawarkan jasa layanan WhatsApp Business Chat Bot untuk memudahkan dan memajukan bisnis yang Anda jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...