Pengertian AI

Pengertian AI - Artificial intelligence(AI) adalah sebuah entitas kecerdasan buatan yang secara ilmiah diciptakan oleh manusia. Entitas tersebut di tanamkan ke dalam sebuah mesin atau program, sehingga membuat mesin tersebut seolah-olah mampu berpikir sendiri layaknya seorang manusia untuk mengambil sebuah keputusan.

AI
AI


Konsep dari AI ini sebenarnya sudah muncul sejak jaman dahulu tepatnya pada zaman Yunani Kuno. Pada zaman tersebut sudah ada Talos, raksasa dari perunggu dan Galatea, patung buatan Pygmalion yang dibuat dengan konsep kecerdasan buatan.

Konsep dari AI sendiri sudah muncul sejak jaman dahulu tapi istilah ini baru muncul di pertengahan abad ke-20 tepatnya di tahun 1950. Seorang ahli matematika Alan Turing, salah satu yang ikut berperan dalam mencetuskan ide tentang teknologi artificial intelligence ini. Karena dari idenya tersebut, istilah kecerdasan buatan(AI) ini menjadi populer di kalangan para peneliti dan ilmuwan.

Ide mengenai tekonologi dengan kecerdasan buatan itu pun terus dikembangkan dan diteliti sehingga bisa berguna dan bermanfaat untuk manusia. Secara tidak sadar Anda pasti sudah merasakan manfaat dari penggunaan kecerdasan buatan, salah satu contohnya adalah teknologi pintar, adanya prediksi di mesin pencarian, Chat Bot, penyaring email, sugesti aplikasi, dan masih banyak lagi.

Tujuan Dibuatnya kecerdasan buatan(AI)
Tujuan dibuatnya kecerdasan buatan(AI) karena beberapa hal berikut ini.

  1. Membuat teknologi atau mesin menjadi lebih pintar
Tujuan utama dibuatnya teknologi kecerdasan buatan yaitu untuk membuat suatu teknologi atau mesin menjadi lebih pintar sehingga akan memudahkan pekerjaan manusia. Contohnya, penerapan filter/penyaring pada Email. Filter dapat menyaring email yang masuk dan membedakannya menjadi beberapa kategori dan memisahkan mana email yang spam atau bukan.

  1. Mampu berfikir layaknya manusia
Tujuan dibuatnya teknologi kecerdasan ini ialah untuk membuat suatu mesin yang mampu berfikir layaknya seorang manusia. Seperti, bisa memecahkan suatu masalah dengan lebih cepat, lebih teliti, lebih efektif dan efisien dalam mengambil suatu keputusan. Dengan adanya AI ini tentunya akan memudahkan semua orang.

  1. Membuat teknologi yang lebih bermanfaat
Dari segi “bisnis” kecerdasan buatan mampu membuat suatu usaha mendapatkan hasil yang lebih maksimal karena teknologi AI ini akan mempermudah pekerjaan. Suatu pekerjaan akan lebih ringan dan bisa selesai dengan cepat. AI juga mampu mengumpulkan dan menganalisis suatu data sehingga itu bisa membantu Anda untuk mengetahui peluang terbaru untuk bisnis Anda.

Kemampuan dari kecerdasan buatan(AI)
Berikut ini adalah kemampuan dari teknologi Kecerdasan Buatan(AI).

  1. Menganalisis data
Teknologi AI mampu menganalisis suatau data.  Algoritma yang digunakan dalam membuat AI mampu menganalisis suatu data yang dikumpulkannya. Kemampuan AI dalam menganalisis data ini bisa dilihat contohnya dalam prediksi aplikasi yang anda suka dalam aplikasi play store.

  1. Mengolah kumpulan data yang banyak(Big Data)
Teknologi AI mampu mengolah big data. Big data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan data yang sangatlah besar. Data yang dimaksud itu bisa berupa data apa saja yang membanjiri suatu bisnis. Contohnya adalah profil, foto, gambar, video dan sebagainnya.

  1. Merespon suatu pesan dengan cepat
AI mampu merespon suatu pesan dengan cepat. Contohnya bisa Anda lihat di email balasan otomatis atau Chat Bot yang biasanya ada pada situs e-commerce. Saat Anda menanyakan sesuatu melalui layanan Chat Bot, akan ada respon balasan yang  cepat. Balasan tersebut merupakan salah satu bentuk dari penggunaan AI. Adanya AI dalam membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat tentunya akan berdampak positif bagi perusahaan.

  1. Mampu memperbaiki suatu dokumen
AI mampu memperbaiki suatu dokumen. Saat ini banyak aplikasi atau situs yang bisa mengetahui kesalahan dalam penulisan maupun pengetikan suatu dokumen. AI tidak hanya bisa menemukan suatu kesalahan dalam pengetikan suatu dokumen, tapi bisa juga memperbaiki suatu dokumen. Akan muncul suatu saran akan kata yang tepat untuk menggantikan kata yang salah tersebut.

  1. Mampu melakukan deeper personalization
AI mampu melakukan deeper personalization. AI mampu mengenali dan mempelajari pola yang dilakukan seseorang dalam waktu singkat. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam dunia bisnis. Perusahaan bisa dengan mudah mengetahui karakter suatu konsumen hanya dengan melalui aktivitas yang sering dilakukannya dan hal yang disukainya. Dengan begitu perusahaan tidak perlu lagi melakukan survey atau riset lebih lanjut untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

Keuntungan dari kecerdasan buatan(AI)
Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari teknologi AI, diantaranya:

  1. Bersifat permanen
AI bersifat permanen karena bisa digunakan berulang-ulang, dimana saja, dan kapan saja. AI sering dikaitkan dengan manusia. Contohnya, adanya AI maka nantinya suatu saat perusahaan tidak akan membutuhkan banyak karyawan. Hal tersebut memang benar jika dikaitkan dengan keuntungan ini. Karyawan bisa keluar kapan saja, sedangkan AI tidak.

  1. Menawarkan kemudahan dalam melakukan sesuatu
Teknologi AI dirancang sedemian rupa dengan kecerdasan manusia agar AI dapat memudahkan tugas yang dilakukan oleh manusia. Data yang sebelumnya disimpan dapat dengan mudah diakses kembali. Kerja AI juga lebih cepat dibanding kerja manusia.

  1. Konsisten dan teliti
AI lebih konsisten dan teliti dibanding manusia. Dengan kecerdasannya yang bersifat permanen maka peluang untuk terjadinya kesalahan sangat kecil. Anda bisa melihat ketika komputer menghitung sesuatu. Sangat jarang terjadi kesalahan hitung bukan? Komputer sangat konsisten dan teliti, berbeda dengan manusia yang bisa melakukan kesalahan dan tidak teliti.

  1. Semua data dapat disimpan
Seperti kemampuan mengolah big data, AI dapat menyimpan data sebanyak atau sebesar apapun dan tidak akan menjadi masalah. Arsip dan data tersebut bisa disimpan dan digunakan kembali oleh generasi selanjutnya.

Kelemahan dari kecerdasan buatan(AI)
Buatan manusia pastilah masih memiliki sedikit cela atau kesalahan. Artificial intelligence sendiri memiliki kerugian seperti tidak memiliki akal dan keterbatasan. Maksud dari tidak memiliki akal yaitu AI hanya mengolah data dan memutuskan sesuatu sesuai data yang telah dikumpulkan, berbeda dengan manusia yang kadang masih menggunakan naluri dalam mengambil suatu keputusan.
Selain itu ada informasi yang hanya bisa diproses dan dimengerti oleh manusia. Jika nantinya ada suatu robot yang dibentuk menyerupai seperti manusia, robot tersebut tetap tidak akan bisa memiliki akal layaknya manusia. Hal tersebut berkaitan dengan kelemahan AI yang kedua yaitu keterbatasan.

Demikian artikel kali ini mengenai Pengertian dari AI serta kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda membutuhkan atau tertarik menggunakan layanan Chat Bot untuk keperluan bisnis Anda, Anda bisa mengujungi website Chat Bot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...