Pengertian dan Tugas dari Customer Service


WhatsApp Chat Bot - Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui pengertian dari Customer Service  maupun tugas tugas yang dilakukan oleh seorang Customer Service. Kebetulan diartikel ini saya akan membahas mengenai apa itu Customer Service dan juga tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang Customer Service.

Customer Service
Customer Service

Pengertian Customer Service

Customer Service adalah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan oleh seorang Customer Service kepada kliennya dalam menyelesaikan suatu masalah. Pelayanan yang dimaksud adalah menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi oleh kliennya.

Tugas dan Fungsi Customer Service

Tugas dan fungsi dari seorang Customer Service adalah seorang Customer Service harus bisa mencari jalan keluar untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah yang dihadapi oleh nasabah, klien atau pelanggan. Tugas Customer Service yaitu memberikan pelayanan yang prima dan menjalin hubungan yang baik dengan nasabah, klien atau pelanggan. Seorang Customer Service juga harus bertanggung jawab dari awal sampai akhir dari pelayanan tersebut.
Fungsi dari Customer Service, antara lain:

  • Sebagai Penerima Tamu – Maksudnya dalam hal ini seorang Customer Service melayani pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tamu atau nasabah serta memberikan informasi yang mereka inginkan selengkap mungkin dengan sikap yang ramah, sopan, menarik dan menyenangkan. Yang harus selalu diperhatian adalah, bicara dengan suara yang jelas serta lembut, dan memakai bahasa yang mudah dimengerti oleh tamu atau nasabah.
  • Sebagai customer relation office – Maksudnya adalah Customer Service yaitu orang yang dapat membina hubungan baik dengan klien atau nasabah. Sehingga mereka merasa puas, senang, dan juga semakin percaya. Seorang Customer Service harus menyiapkan formulir ataupun brosur untuk diberikan kepada tamu atau klien, serta ikut membantu mengisi formulir ketika tamu atau klien kebingungan dalam mengisi formulir.
  • Sebagai komunikator – Dengan cara memberikan berbagai informasi dan kemudahan-kemudahan kepada tamu atau kliennya, juga sebagai tempat untuk menampung berbagai macam keluhan, keberatan maupun sebagai tempat untuk konsultasi.

Syarat untuk menjadi seorang Customer Service

Syarat untuk menjadi seorang Customer Service antara lain sebagai berikut:
  • Memiliki penampilan dan wajah yang menarik.
  • Tinggi dan berat badan proposional untuk laki-laki maupun perempuan.
  • Sehat jasmani maupun rohani.
  • Energik dan gesit.
  • Mampu mengendalikan diri.
  • Sabar dan tidak mudah marah atau tempramental dalam menghadapi klient atau tamu.
  • Tidak mudah terpancing untuk berkata-kata ataupun berbuat kasar.
  • Pandai bergaul dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Dapat bekerja sama dengan semua pihak yang terkait.


Itulah pengertian dan juga beberapa hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Customer Service, sekian artikel mengenai “Pengertian dan Tugas dari Customer Service”, jika anda tertarik untuk menggunakan jasa layanan customer service chat bot atau chat bot untuk keperluan bisnis perusahaan anda, anda bisa mengujungi website penyedia layanan whatsapp chatbot berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...