WhatsApp Bisnis


WhatsApp Bisnis - Setelah sukses diluncurkan pada tahun 2009, WhatsApp menjadi salah satu layanan chating paling banyak digunakan masyarakat di berbagai negara. Baik untuk sekedar berkomunikasi hingga untuk keperluan bisnis. Melihat besarnya potensi dalam dunia bisnis tersebut, pada akhirnya WhatsApp pun merilis sebuah platform aplikasi terbaru yakni WhatsApp bisnis yang lebih khusus digunakan para pebisnis.

WhatApp Business
WhatApp Business

Penjelasan sekilas mengenai WhatsApp Bisnis

Seperti yang dikemukakan oleh WhatsApp dalam halaman resmi perusahaannya, WhatsApp bisnis ini dirancang sebagai sebuah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Sasarannya adalah digunakan untuk para pemilik binsis. Masih dari halaman resmi perusahaannya, WhatsApp menciptakan aplikasi ini agar bisa lebih memudahkan interaksi dengan pelanggan. Terutama dengan menggunakan fitur untuk otomatisasi, menyortir pesan hingga menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat.
Aplikasi WhatsApp bisnis dapat dioperasikan di berbagai smartphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun IOS. Sejak dirilis dalam format betanya pada bulan September 2017 lalu, aplikasi ini pun mulai banyak dilirik oleh para pebisnis. Bahkan di Indonesia sendiri seperti yang dilansir dari Kompas.com, menyebutkan Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang bisa menggunakan platform WhatsApp bisnis. Begitu pula dengan empat negara lain di dunia seperti Italia, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Perbedaannya WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger

WhatApp Business
WhatApp Business

Meski sama-sama layanan chating, WhatsApp bisnis dan WhatsApp messenger memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan ini terletak pada segi fitur yang ditawarkan maupun tampilannya. Berikut ini beberapa perbedaan di antaranya:

  • Perbedaan logo dan juga fitur
WhatsApp bisnis logonya menggunakan huruf “B” kapital berlatar warna hijau yang khas. Sedangkan WhatsApp messenger berlogo telepon. WhatsApp bisnis juga memiliki beberapa fitur. Seperti melihat statistik pesan yang sudah terkirim maupun yang diterima dan fitur ini tidak ada pada WhatsApp messenger.

  • Bisa menambahkan nomor telepon yang lain
Dengan WhatsApp Bisnis Anda bisa menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor. Selain itu, WhatApp Bisnis bisa menggunakan dua nomor dalam satu gadget.


  • Fitur Chat Bot

WhatsApp bisnis juga memiliki fitur yang cukup canggih, yakni Anda dapat membalas pesan secara otomatis. Caranya, Anda bisa menyetel balasan otomatis dalam fitur yang ada ketika mendapatkan pertanyaan dari pelanggan. Anda juga bisa menikmati fitur mengirim pesan secara otomatis untuk pelanggan yang baru. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengontrol dan melihat perkembangan pelanggan Anda.

  • Adanya tanda centang hijau seperti verifikasi
WhatsApp bisnis dalam penggunaannya tidak perlu memerlukan proses verifikasi seperti WhatsApp messenger. Begitu juga dengan tanda centang hijaunya, jika umumnya pada Twitter dan Instagram akun yang terverifikasi memiliki tanda centang berwarna biru maka untuk WhatsApp bisnis tanda centang verifikasi warnanya hijau. Jika Anda melihat tanda ini, berarti nomor tersebut resmi dimiliki oleh perusahaan atau bisnis.

WhatApp Business
WhatApp Business

Keuntungan menggunakannya WhatApp Bisnis untuk para pebisnis

Keberadaan WhatsApp bisnis banyak memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis online. Di antaranya adalah memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait mengenai produk yang ditawarkan. Selain untuk berkomunikasi, Andi bisa juga memanfaatkan WhatsApp bisnis untuk keperluan marketing atau promosi.

Adanya fitur untuk mengirim pesan secara otomatis memang memungkinkan untuk melakukan berbagai macam promosi di platform ini dengan mudah. Dengan demikian, Anda juga bisa meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan Anda. Ingat, dalam dunia bisnis konsumen tidak hanya sekadar menginginkan produk yang terbaik saja. Lebih dari itu, mereka juga ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, dan bisa menjawab semua pertanyaan yang mereka tanyakan. Dengan beragam fitur yang ditawarkan seolah menjawab kebutuhan bagi para pebisnis online dan itu menjadi sebuah solusi yang terbaik.

Bagaimana sangat besar bukan manfaat menggunakan WhatsApp bisnis untuk keperluan usaha atau bisnismu? Pastikan untuk selalu menggunakan penyedia jasa layanan Chat Bot terbaik di Indonesia untuk mendukung kelancaran bisnis online yang dijalankan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...