Apa sih Chat-bot itu

WhatsApp Chat Bot - Kemajuan teknologi dibidang industri kini banyak mendapatkan dampak positif yang tidak bisa dianggap remeh atau malah tidak diikutsertakan di dalam bidang bisnis yang dijalankan. Pada dasarnya, kemajuan teknologi yang sudah ada, maka kinerja bisnis di beberapa sektor bisa dilakukan dengan lebih mudah dan hanya perlu mengandalkan teknologi saja.
Salah satu kemajuan teknologi yang membawa dampak positif adalah Chat Bot. Apakah kalian pernah mendengar kata itu sebelumnya?? Jika belum, artikel ini akan membahas salah satu aplikasi Chat Bot yang sebenarnya bisa menurunkan cost operasional perusahaan dan mempermudah dalam menyebarkan informasi kepada para konsumen dimanapun mereka berada.



ilustrasi chat-bot
ilustrasi chat-bot

Apasih Chat Bot itu??

Chat Bot adalah sebuah layanan obrolan yang sebenarnya sudah menjadi fitur yang sudah sangat sering digunakan oleh masyarakat yang melek dengan teknologi. Tapi bedanya, yang membalas chattingnya itu adalah robot atau komputer yang sudah di program sesuai dengan kebutuhan. Sesuai dengan namanya yang memuat kata “Bot” yang merupakan kependekan dari Robot.

Dengan menggunakan layanan Chat Bot, maka robot/komputer yang ada di dalamnya diberikan kecerdasan buatan atau AI(Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk menirukan chatting manusia seperti kamu sedang chatting atau berbicara dengan orang biasa. Dan ini tentunya memberikan banyak kemudahan untuk bidang bisnis yang sedang dijalankan.



robot chat-bot
robot chat-bot

Kemampuan kecerdasan buatan yang memberikan kecerdasan kepada Chat Bot yang membuatnya bisa memberikan jawaban yang paling tepat untuk setiap pertanyaan yang ditanyakan kepadanya. Cara kerja yang dipakai oleh Chat Bot agar bisa mendapatkan jawaban terbaik adalah melalui keyword yang telah ditetapkan. Dengan sistem pengoperasian yang sudah diatur dan diberikan kepadanya, maka Chat Bot bisa melihat keyword yang diberikan kepadanya dan mulai mencari mana jawaban yang paling mendekati dengan keyword yang diberikan oleh pengguna tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan cepat dan tepat.
Ada beberapa teknologi lainnya lagi yang bisa digunakan oleh Chat Bot agar menghasilkan aplikasi Chat Bot yang tepat untuk memberikan informasi yaitu ada : Machine LearningDeep Learning dan Natural Language Processing (NLP). Untuk NLP, ini adalah teknologi yang penting karena dengan NLP ini, Chat Bot bisa memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa yang digunakan oleh pengguna dalam memberikan pertanyaan dan Chat Bot dapat memberikan respon atau jawaban yang sesuai dengan bahasa yang sama dengan yang pengguna gunakan.
Diatas adalah sedikit pengertian dari Chat Bot yang sangat bisa digunakan di dalam bidang bisnis. Namun setiap teknologi pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari teknologi Chat Bot tersebut?

Kelebihan Chat bot

  • Berinteraksi dengan konsumen bisa lebih cepat dan mudah

Ketika konsumen ingin menanyakan sesuatu hal lewat website, maka Chat Bot ini bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh konsumen dengan cepat.
  • Mudah diterapkan untuk bisnis

Kelebihan Chat Bot juga pastinya dirasakan oleh para pebisnis. Mereka jadi tidak perlu lagi menggunakan tenaga manusia yang terkadang mengalami masalah, para pebisnis pastinya ingin mendapatkan kinerja dan performa yang terbaik. Dengan teknologi Chat Bot ini, maka urusan customer service menjadi lebih mudah.
  • Selalu ada

Jika menggunakan tenaga manusia untuk urusan customer service seperti ini, terkadang ada kendala yang didapatkan seiring pengoperasian, khususnya dijam kerja. Namun tidak jika menggunakan Chat Bot karena teknologi ini akan selalu ada 24 jam layaknya manusia super sehingga kapan saja dan jam berapapun ada pertanyaan yang ditanyakan, maka bisa segera langsung dijawab.

Kekurangan Chat bot

  • Berkurangnya pekerjaan untuk Customer Service

Lapangan kerja yang biasa dikerjakan oleh tenaga manusia pasti lama lama akan berkurang dan hilang. Yang biasanya dikerjakan oleh manusia, kini bisa dikerjakan oleh robot. Dan itu pasti sangat merugikan pihak yang bekerja di bagian CS karena kehilangan lapangan pekerjaan mereka.
  • Terbatasnya keyword untuk menjawab keluhan

Dalam bisnis, pasti ada saja masalah yang menimpah para konsumen dan meminta pertanggung jawaban. Sayangnya ketika berhubungan dengan Chat Bot, maka bisa saja apa yang ingin dicari atau ditanyakan oleh konsumen tidak bisa dijawab atau dipenuhi oleh Chat Bot nya sehingga tidak memberikan rasa puas dan malah menambah masalah baru kepada pemilik bisnis.
Saat ini pasti Chat Bot pasti akan semakin banyak dipakai agar memberikan kemudahan untuk menekan pengeluaran bisnis karena bisa digantikan oleh robot. Sekarang pilihan ada ditangan Anda. Apakah Anda sudah percaya dengan kemampuan robot yang sudah dilengkapi Kecerdasan buatan atau masih ingin menggunakan tenaga manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...