Manfaat chat bot pada bisnis


WhatApp Chat Bot - Di era persaingan bisnis yang modern ini, memaksa para pelaku bisnis untuk melakukan kinerja perusahaan dengan cara yang efektif dan efisien. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Contoh dari teknologi yang sudah hadir untuk membantu mengembangkan bisnis salah satunya adalah chatbot. Chat bot ini sendiri merupakan sebuah teknologi yang menghadirkan suatu fungsi percakapan otomatis antara pengguna dengan teknologi yang telah ditanami kecerdasan buatan (AI). Chat bot ini cara kerjanya hampir mirip dengan customer service, hanya saja customer service chat bot ini selalu sedia selama 24 jam untuk melayani user dalam menjawab pertanyaan yang ditanyakan kapan saja dan diman saja.

WhatApp Chat Bot
WhatApp Chat Bot

Teknologi kecerdasan buatan yang diberikan kepada chat bot membuatnya bisa memberikan jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan oleh user kepadanya. Cara yang dipakai chat bot untuk bisa memberikan jawaban yang terbaik adalah dengan melalui keyword. Dengan sistem pengoperasian yang sudah diprogramkan kepadanya, maka chat bot bisa melihat keyword yang diberikan kepadanya dan mulai menentukan mana jawaban yang paling dekat dengan keyword tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan kepadanya dapat langsung dijawab dengan cepat dan tepat. Tren penggunaan teknologi chat bot pun muncul seiring tingginya intensitas percakapan yang terjadi di dunia digital, di mana kegiatan komunikasi dengan menggunakan media sosial sering sekali terjadi.

Cina, sudah memanfaatkan teknologi chat bot sejak tahun 2013. WeChat sebagai pemain besar di kawasan tersebut telah menjadi pelopor pengaplikasian chat bot ke dalam aplikasi chatting. Seiring dengan penggunaan serta perkembangannya, chat bot tak hanya digunakan sebagai media automasi pesan saja, tetapi juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen di lingkup yang lebih personal. 

Pemanfaatan AI dalam bisnis digital

Belum lama ini, pemerintah membahas mengenai roadmap Revolusi Industri 4.0 yang memuat AI sebagai salah satu komponen di industri digital. Di sisi lain, Indonesia sudah mengadopsi AI dalam bidang bisnis yang menempatkan negara ini menduduki posisi pertama menurut studi “Artificial Intelligence Is Critical To Accelerate Digital Transformation In Asia Pacific” oleh Appier dan Forrester. Cepat atau lambar, dengan banyaknya permintaan pelanggan dan ketatnya persaingan di dunia bisnis, membuat korporasi makin sering membahas mengenai isu transformasi digital. Sejalan dengan hal itu, pengembangan AI pun telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap proses transformasi digital di perusahaan raksasa konvensional, mulai dari sektor asuransi hingga manufaktur.

Di Indonesia sendiri, salah satu penerapan AI dalam dunia bisnis dapat dilihat pada ranah e-commerce. Bertujuan meningkatkan nilai transaksi jual beli, AI sanggup menganalisis produk yang dicari oleh para pengguna dan merekomendasikannya kepada mereka , serta menganalisa tingkat kepuasan maupun umpan balik dari para pengguannya .

Lalu apa manfaat chat bot untuk bisnis yang anda jalani?


  • Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen. Ketika konsumen ingin menanyakan sesuatu pertanyaan lewat website, maka chat bot ini bisa langsung menjawab pertanyaan yang diajukan oleh konsumen dengan cepat dan tanpa bertele-tele. Hal ini tentunya akan membuat konsumen merasa senang karena respon atas pertanyaan mereka cepat ditanggapi.



  • Manfaat yang berikutnya adalah jika menggunakan tenaga manusia untuk urusan customer service, terkadang ada saja kendala yang terjadi saat pengoperasiannya, khususnya pada jam kerja. Namun tidak dengan chat bot, karena teknologi tidak memerlukan tidur ataupun istirahat layaknya manusia sehingga kapan saja dan jam berapapun ada pertanyaan, maka langsung bisa dijawab dengan menggunakan customer service chat bot.


  • Selain itu, chat bot ini juga pastinya telah dirasakan manfaatnya oleh pihak pebisnis. Mereka jadi tidak perlu lagi menggunakan manusia untuk urusan customer service yang terkadang sering mengalami kendala atau masalah, padahal yang namanya pebisnis tentu pastinya ingin mendapatkan kinerja yang terbaik. Dengan menggunakan teknologi customer service chat bot ini, maka urusan customer service akan menjadi lebih mudah.

Dengan banyaknya potensi yang dimiliki dan juga perkembangan chat bot yang kian hari terus berkembang. Chat bot bisa saja berkembang lebih luas tak hanya sekadar menjadi mesin automasi untuk percakapan atau hiburan saja, tetapi bisa juga sebagai pembuka jalur inovasi bagi hal lain seperti platform transaksi pembayaran, pengembangan suatu jasa, dan lain sebagainya.

Selain memiliki sisi kelebihan chat bot ini juga memiliki sisi kekurangan, yaitu terbatasnya jawaban yang hanya mengandalkan keyword saja dan juga keterbatasan kecerdasan yang di implementasikan kedalam chat bot itu sendiri serta hilangnya sedikit demi sedikit lapangan pekerjaan untuk manusia di bidang customer service yang perlahan digantikan oleh customer service chat bot.

Sekarang pilihan ada ditangan anda. Apakah anda sudah siap menggunakan bantuan kecerdasan buatan untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis atau tidak. Jika anda sudah siap dan tertarik untuk menggunakan layanan customer service chat bot, anda bisa menggunakan jasa layanan WhatsApp Chat Bot yang disediakan oleh pemberi jasa layanan WhatsApp Chat Bot.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecerdasan Buatan Untuk Kehidupan

WhatsApp Business Chatbot - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, ini sifatnya sangat kompleks. AI menggabungka...