WhatApp Chat Bot - Di era persaingan bisnis yang modern ini, memaksa para
pelaku bisnis untuk melakukan kinerja perusahaan dengan cara yang efektif dan
efisien. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Contoh dari
teknologi yang sudah hadir untuk membantu mengembangkan bisnis salah satunya
adalah chatbot. Chat bot ini sendiri merupakan sebuah teknologi yang
menghadirkan suatu fungsi percakapan otomatis antara pengguna dengan teknologi
yang telah ditanami kecerdasan buatan (AI). Chat bot ini cara kerjanya hampir
mirip dengan customer service, hanya saja customer service chat bot
ini selalu sedia selama 24 jam untuk melayani user dalam menjawab pertanyaan
yang ditanyakan kapan saja dan diman saja.
![]() |
WhatApp Chat Bot |
Teknologi kecerdasan buatan yang diberikan kepada chat bot
membuatnya bisa memberikan jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan yang
dilontarkan oleh user kepadanya. Cara yang dipakai chat bot untuk bisa
memberikan jawaban yang terbaik adalah dengan melalui keyword. Dengan sistem
pengoperasian yang sudah diprogramkan kepadanya, maka chat bot bisa melihat
keyword yang diberikan kepadanya dan mulai menentukan mana jawaban yang paling
dekat dengan keyword tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan kepadanya
dapat langsung dijawab dengan cepat dan tepat. Tren penggunaan teknologi chat
bot pun muncul seiring tingginya intensitas percakapan yang
terjadi di dunia digital, di mana kegiatan komunikasi dengan
menggunakan media sosial sering sekali terjadi.
Cina, sudah memanfaatkan teknologi chat bot sejak
tahun 2013. WeChat sebagai pemain besar di kawasan tersebut telah
menjadi pelopor pengaplikasian chat bot ke dalam
aplikasi chatting. Seiring dengan penggunaan serta perkembangannya, chat
bot tak hanya digunakan sebagai media automasi pesan saja, tetapi
juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen di lingkup yang
lebih personal.
Pemanfaatan AI dalam bisnis digital
Belum lama ini, pemerintah membahas mengenai roadmap Revolusi
Industri 4.0 yang memuat AI sebagai salah satu komponen di industri
digital. Di sisi lain, Indonesia sudah mengadopsi AI dalam bidang bisnis yang menempatkan negara
ini menduduki posisi pertama menurut studi “Artificial Intelligence Is
Critical To Accelerate Digital Transformation In Asia Pacific” oleh Appier
dan Forrester. Cepat atau lambar, dengan banyaknya permintaan
pelanggan dan ketatnya persaingan di dunia bisnis, membuat korporasi makin
sering membahas mengenai isu transformasi digital. Sejalan dengan hal itu, pengembangan
AI pun telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap proses transformasi
digital di perusahaan raksasa konvensional, mulai dari sektor asuransi
hingga manufaktur.
Di Indonesia sendiri, salah satu penerapan AI dalam dunia
bisnis dapat dilihat pada ranah e-commerce. Bertujuan meningkatkan
nilai transaksi jual beli, AI sanggup menganalisis produk yang dicari oleh para
pengguna dan merekomendasikannya kepada mereka , serta menganalisa tingkat
kepuasan maupun umpan balik dari para pengguannya .
Lalu apa manfaat chat bot untuk bisnis yang anda jalani?
- Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen. Ketika konsumen ingin menanyakan sesuatu pertanyaan lewat website, maka chat bot ini bisa langsung menjawab pertanyaan yang diajukan oleh konsumen dengan cepat dan tanpa bertele-tele. Hal ini tentunya akan membuat konsumen merasa senang karena respon atas pertanyaan mereka cepat ditanggapi.
- Manfaat yang berikutnya adalah jika menggunakan tenaga manusia untuk urusan customer service, terkadang ada saja kendala yang terjadi saat pengoperasiannya, khususnya pada jam kerja. Namun tidak dengan chat bot, karena teknologi tidak memerlukan tidur ataupun istirahat layaknya manusia sehingga kapan saja dan jam berapapun ada pertanyaan, maka langsung bisa dijawab dengan menggunakan customer service chat bot.
- Selain itu, chat bot ini juga pastinya telah dirasakan manfaatnya oleh pihak pebisnis. Mereka jadi tidak perlu lagi menggunakan manusia untuk urusan customer service yang terkadang sering mengalami kendala atau masalah, padahal yang namanya pebisnis tentu pastinya ingin mendapatkan kinerja yang terbaik. Dengan menggunakan teknologi customer service chat bot ini, maka urusan customer service akan menjadi lebih mudah.
Dengan banyaknya potensi yang dimiliki dan juga perkembangan chat bot yang kian hari terus berkembang. Chat bot bisa saja berkembang lebih luas tak hanya sekadar menjadi mesin automasi untuk percakapan atau hiburan saja, tetapi bisa juga sebagai pembuka jalur inovasi bagi hal lain seperti platform transaksi pembayaran, pengembangan suatu jasa, dan lain sebagainya.
Selain memiliki sisi kelebihan chat bot ini juga memiliki sisi
kekurangan, yaitu terbatasnya jawaban yang hanya mengandalkan keyword saja
dan juga keterbatasan kecerdasan yang di implementasikan kedalam chat bot itu
sendiri serta hilangnya sedikit demi sedikit lapangan pekerjaan untuk manusia
di bidang customer service yang perlahan digantikan oleh customer service chat bot.
Sekarang pilihan ada ditangan anda. Apakah anda sudah siap
menggunakan bantuan kecerdasan buatan untuk membantu anda dalam menjalankan
bisnis atau tidak. Jika anda sudah siap dan tertarik untuk menggunakan layanan customer service chat bot, anda bisa menggunakan jasa layanan WhatsApp Chat Bot yang disediakan oleh pemberi jasa layanan WhatsApp Chat Bot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar